12 Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Teknik penulisan artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu website adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita selaku pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Biasanya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun judul konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin Anda pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kalau judul Anda kaku dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link per post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda mengenalkan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.

kamu malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kalian sedang menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Tutorial  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di konten tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang anda download tersebut. Kalau harus, sobat juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mengindek konten sobat sebagai artikel yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tutorial Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel