12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi hanya akibat masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan dalam poin pertama karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena selain kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara menulis artikel SEO Anda, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

kamu malah kudu waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kalian lagi menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan pokok paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Misal :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau perlu, sobat juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan sobat sebagai postingan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa merajai page one.

0 Response to "12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel