12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya tuliskan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing kamu, walaupun tanpa memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan panjang hanya agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kawan sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat menjual sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

kawan malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, anda lagi menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kalian dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Jika bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan konten unik dan mantap bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada postingan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel