12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun sebab masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah trik menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami masukkan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa membuat backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Clickbait


Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per post malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web anda sebagai situs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.

kalian malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kalian sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau anda menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kawan dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi user experience, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang anda unduh itu. Kalau bisa, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit potongan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel unik dan kuat bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang saya buat pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "12 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel