12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Readable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul Anda kaku dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kawan sebagai situs yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu artikel.

anda malah kudu waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, sobat lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka anda bisa memberi kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung silau dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan crawling pada konten tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau harus, sobat juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan kalian menjadikannya postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat merajai page one.

0 Response to "12 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel