12 Trik Membuat Konten Yang SEO Friendly

Teknik penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun karena masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan produk google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Bagi Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung sebaiknya buat saja.

 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kawan sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu tulisan.

sobat malah harus waspada kalau persentase keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, anda lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Trik  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang bekerja indeking di halaman tersebut.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh itu. Jika bisa, anda juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat sebagai artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Trik Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel