12 Trik Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah outdated, tetapi sebab masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan dalam poin dasar karena kita pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis konten panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 12 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.

anda malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kalian sedang menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 12 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 12 Trik  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, sebaiknya mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan image yang anda download itu. Kalau bisa, sobat juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten kawan sebagai konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang saya buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten anda cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Trik Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel