12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat title artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan tampak kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten panjang cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Relevan


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan topik ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan mengenalkan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah postingan.

anda malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, sobat lagi membuat tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari tulisan pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang melakukan indeking di artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan image dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Jika harus, anda juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin besar peluang Google mengindek artikel kawan sebagai postingan yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel