12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara menulis artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.

kalian malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Contoh lagi jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja crawling di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar dari Google, pastikan merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau perlu, kawan juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah mantap peluang Google mendeteksi konten kalian sebagai postingan yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel