12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat master Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan terkesan canggung dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Jika judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu postingan.

kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, anda lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Contoh lain kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perlu tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang bekerja crawling di konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kawan tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Jika harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat tulisan kalian jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page konten sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel