12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu penulisan adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, maka makin menarik isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten karena tergantung dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak canggung dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu user sebaiknya buat saja.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka abaikan saja, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs kawan sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu artikel.

anda malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat pokok paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kamu bisa menyisipkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada artikel itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang sobat unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai artikel yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat konten anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel