12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih merajai di page one tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena kita pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka menjelajahi blog sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

 12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai nilai dari suatu artikel.

kalian malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, sobat sedang menulis trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau kalian bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat isi, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai konten yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang admin posting ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "12 Tips Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel