Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang user klik, dan sebagainya.
Analoginya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi se-expert apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan sobat menjual produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.
kalian malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kawan sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang di bidik saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan kurang indah.
Agar lebih mudah, kalian bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling pada tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image sobat tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau harus, kamu juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, tambah besar peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Inonasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma search engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan