12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun karena masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya melihat dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat ide tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan tidka menyatu dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Mungkin sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya agar memenuhi poin SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.

kamu malah kudu waspada jika persentase keyword density over, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, kamu bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke mesin yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel