12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Teknik penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga telah expired, namun sebab masih merajai di page one tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini saya masukkan dalam poin pertama karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kawan tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

anda malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, anda lagi menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang seni.

Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di artikel itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai tulisan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.

0 Response to "12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel