12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan
Sabtu, 2 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kalian malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kawan sedang membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kita.
Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja indeking di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten kalian sebagai tulisan yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat merajai page one.
Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.
Dari ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling mendasar dari suatu website yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu kaku dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak cuma panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kalian malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Misal, kawan sedang membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kawan membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika sobat bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting pada tulisan kita.
Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke robot yang bekerja indeking di konten yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Kalau perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten kalian sebagai tulisan yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah pada satu tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kalian menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat merajai page one.
0 Response to "12 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan