12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan dalam poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon user saat mereka surfing situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Mudahnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menyusun artikel asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat kaku dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kawan menjual produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.

kalian malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian lagi membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan indeking di konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai image dari Google, sebaiknya mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping image supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel