12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka menjelajahi blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, maka makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link per post malah memudahkan user maka silahkan saja.

12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu artikel.

kawan malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kalian lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat ide terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling di search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang kamu unduh tersebut. Kalau bisa, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai konten yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel kawan jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel