12 Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca
Isnin, 4 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title tulisan sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.
kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu postingan.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda download itu. Jika harus, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat merajai page one.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara pembuatan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Konten yang unik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen
Ini wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title tulisan sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Kalau sobat user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul sobat kaku dan tidak enak dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu postingan.
kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Contoh, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kamu bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu postingan.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.
Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda download itu. Jika harus, anda juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa memberatkan loading web saat dibuka.
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten anda menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat merajai page one.
0 Response to "12 Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan