10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi karena masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini saya masukkan dalam poin pertama karena saya anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun teknik pembuatan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking blognya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.

anda malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.

Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, anda dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan memakai image berasal dari Google, pastikan merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Jika perlu, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek artikel sobat menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "10 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel