10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa digunakan dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau konten yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tidak menggunakan alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat artikel panjang hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kalian sebagai web yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

External link ke web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.

anda malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kalian sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kalian bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat visitor silau dan langsung pergi akibat konten yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk user wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan indeking di artikel tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kawan menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau bisa, sobat juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin mantap kemungkinan Google mengindek artikel anda sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Variasi Keyword ini membuat postingan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda dapat merajai page one.

0 Response to "10 Trik Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel