10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari master Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti membaca judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul Anda tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka biarkan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau kalian menjual sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.

kawan malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kalian dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau perlu, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian search engine itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa merajai page one.

0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel