10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap digunakan. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah trik menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan bisa membuat backlink atau judul yang klikable namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun trik pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide konten sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Kalau Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu bahas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kamu menjual sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.

sobat malah harus waspada jika persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, kalian lagi membuat trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama konten itu.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja crawling pada tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak duplikat dengan image yang kalian unduh itu. Jika perlu, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten anda sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kalian dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Trik Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel