10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kamu. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari pencarian seringnya membaca judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul Anda kaku dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan efisien.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web anda sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kamu mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

kalian malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kawan lagi menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu halaman.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke bot yang melakukan crawling pada halaman yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak sama dengan image yang kamu download itu. Jika perlu, sobat juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Isi Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kawan menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan siap bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel