10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih merajai di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna ketika mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Analoginya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat tulisan panjang hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu artikel.

kalian malah wajib waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, anda sedang menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja crawling pada artikel itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kamu memakai image dari Google, sebaiknya merubah judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika perlu, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah besar peluang Google mengindek tulisan kawan sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kawan dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel