10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing blog kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang mereka klik, dan sebagainya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena takut peringkat webnya turun jika memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kamu. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu artikel.

kawan malah kudu berhati-hati kalau persentase keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau sobat bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan pokok terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan indeking di artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika kamu memakai image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Kalau perlu, anda juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai postingan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel anda cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips Membuat Tulisan yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel