10 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak baku karena melihat dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak over. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Kalau sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per post malah membantu visitor sebaiknya buat saja.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking blognya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kawan menjual produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai nilai untuk suatu postingan.

kawan malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, sobat lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti mirip seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Contoh lain kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel kurang seni.

Agar lebih mudah, kawan dapat memasukkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat googling di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang bekerja crawling di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Jika bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya postingan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk menarik visitor itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel