10 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka menjelajahi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan melihat web sobat sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama anda merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah artikel.

kamu malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kawan lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kalian dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari segi user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kawan bisa memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Tips  Membuat Konten Yang SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan crawling di halaman tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau anda menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang sobat unduh tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi konten kawan sebagai tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel sobat cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips Membuat Konten Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel