10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari suatu situs yaitu user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kamu. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya melihat dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Kalau judul kamu tidak jelas dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut kurang efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat situs kamu sebagai blogs yang bagus karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.

kawan malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lain jika kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau anda dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, anda dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Tips Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari tulisan di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking pada halaman yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Kalau perlu, kamu juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel