10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Terkadang artikel yang dibagikan juga telah outdated, namun hanya akibat masih merajai di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita tuliskan sebagai poin paling penting karena kita anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat dapat menggenerate backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat website kamu. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi website milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Biasanya situs lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda menjual sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah artikel.

kalian malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, anda bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke bot yang bekerja crawling di tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak duplikat dengan image yang kalian download itu. Jika harus, kawan juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, tambah mantap peluang Google mengindek konten kawan menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini membuat artikel sobat jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten sobat bisa merajai page one.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel