10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak trik tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik


Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Bagi Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Kalau judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per konten malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat web anda sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.

kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Sebagai Contoh, kawan lagi menulis trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika sobat bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun pada prakteknya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja indeking di halaman yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika perlu, kalian juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan variasi keyword adalah pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini membuat konten kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator konten yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel