10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di page one masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, di bawah ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau tulisan yang clickbait tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dibaca karena nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kalau ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir peringkat blognya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web anda sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu postingan.

anda malah wajib waspada jika tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, anda sedang menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, kamu bisa memasukkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan image yang kawan download tersebut. Kalau harus, sobat juga dapat merename meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat ulas, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat sebagai postingan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Membuat konten adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa merajai page one.

0 Response to "10 Cara Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel