10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar
Isnin, 18 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan dapat membuat backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan anda merekomendasikan produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.
sobat malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kamu sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu postingan.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada halaman itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi karena masih merajai di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan dapat membuat backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience sangat susah dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing blog kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Seringnya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Click bait terkadang diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Kalau kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan anda merekomendasikan produk/jasa).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk sebuah tulisan.
sobat malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, kamu sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel jadi agak kaku.
Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari artikel pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada halaman itu.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Kalau harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi konten sobat sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang kita buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian bot engine itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin modern, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian bisa merajai page one.
0 Response to "10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan