10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda
Jumaat, 15 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat ide konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, anda sedang menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada artikel itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Kalau bisa, kalian juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
Seringkali artikel yang dibagikan juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru diposting
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini saya masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu dapat menciptakan backlink atau judul yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing website kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tanpa menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Seo Friendly
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik
Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam membuat ide konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak kurang ciamik dan aneh ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Bagi kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per konten maka biarkan saja, pasti yang memberi trik tidak update ilmu SEOnya.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Orang lama seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan sobat merekomendasikan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu artikel.
anda malah kudu waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, anda sedang menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan tidak artistik.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling pada artikel itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai image dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Kalau bisa, kalian juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.
Selain itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya mengutip konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik perhatian search engine itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.
0 Response to "10 Cara Membuat Konten yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan