10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kamu, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus karena melihat dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun judul konten sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak canggung dan kaku ketika dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau judul Anda kaku dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir ranking blognya jatuh jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kamu sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama kamu menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.

kamu malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, kawan lagi membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kawan bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. anda juga dapat memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk user experience, sangat buruk. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kalian bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang bekerja indeking di halaman tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika bisa, kawan juga dapat mengganti meta-data dan kemudian sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya konten yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat konten kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan sobat cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat merajai page one.

0 Response to "10 Cara Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel