10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Cara menulis konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari master Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang menarik tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kontrol kita selaku pemilik web. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu ulas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk suatu tulisan.

sobat malah harus waspada jika seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Contoh, anda lagi menulis tips tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Contoh lagi jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kalian bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kamu juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kalian bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Cara Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang melakukan indeking di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, pastikan mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image anda tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau perlu, anda juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan sebagai konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di satu konten.

Ragam Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bersaing menempati page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool canggih ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel