10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun trik penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

sobat malah kudu waspada kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan sedang membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kamu bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu trik jadul yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kalian dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan indeking pada konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau harus, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda sebagai konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini membuat postingan anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik memakai alat canggih ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian bisa merajai page one.

0 Response to "10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel