Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda merekomendasikan sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.
anda malah harus waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, sobat lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.
Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.
Mudah ditemukan trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kita, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang baik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Clickbait
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidka menyatu dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.
Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma agar memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link tiap artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site yang Sesuai
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika anda merekomendasikan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.
anda malah harus waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Contoh, sobat lagi menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.
Tapi pada kenyataannya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.
Gambaran :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet di google.
Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja crawling pada artikel yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kalian unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika terasa membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Ilustrasi ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya konten yang berkarakter.
Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang modern
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk mencari perhatian mesin pencari itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu bisa merajai page one.
0 Response to "Trik Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan