Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, tetapi karena masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini adalah cara menulis tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling penting dari sebuah situs adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau tulisan yang klikable tapi,, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari user experience di sini adalah aktivitas dan respon pengguna saat mereka mengunjungi website sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Click bait terkadang dibutuhkan untuk pembuatan konten asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Jika judul Anda kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat tulisan panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per konten malah membantu user maka silahkan saja.

Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kamu tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah artikel.

kawan malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan elemen-elemen terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada konten itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kawan memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit sayatan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin besar peluang Google mengindek konten kalian sebagai tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin buat pada tulisan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine telah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda bisa merajai page one.

0 Response to "Trik Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel