Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one tetap digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kami tuliskan sebagai poin pertama karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai produk google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Responsive design


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Seringnya situs lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi poin SEO (diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin adalah konten yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link per kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per post malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar yang Relevan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena khawatir ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kawan sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.

kawan malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kamu sedang menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lagi jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika sobat dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi untuk user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, sebaiknya mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kawan download tersebut. Kalau perlu, kamu juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kalian sebagai postingan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini membuat konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang saya buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel