Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan sebagai poin paling penting karena kami anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena diluar kendali kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Click bait terkadang dibutuhkan untuk menyusun konten asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul sobat kaku dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih trik kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kalian sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.

sobat malah wajib berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda lagi membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika anda menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kita.

Namun pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

  Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat googling pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan crawling di halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan gambar yang kalian download tersebut. Kalau bisa, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kalian menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang modern


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan kuat bersaing di page one. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel