Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan
Selasa, 29 Januari 2019
Add Comment
Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika sobat menjual sesuatu).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu artikel.
kalian malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa dipakai dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah trik membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin masukkan dalam poin paling penting karena kita anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Jadi sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen
Ini perlu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat memasukkan keyword dalam judul artikel.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Kalau sobat pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan CTR di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.
Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang keren karena selalu merujuk situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika sobat menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu artikel.
kalian malah harus berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kamu menembak keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika anda dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu trik jadul yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk gagasan paling penting pada suatu halaman website.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, sobat dapat memasukkan keyword anda di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di halaman yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika sobat memakai image dari Google, pastikan mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau perlu, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat tulisan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan anda dapat merajai page one.
0 Response to "Tips Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan