Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dari master Seo, di bawah ini adalah cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka surfing website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya tergantung dari komposisi pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ditemukan kesulitan ketika membuat title konten karena jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca sobat sebaiknya buat saja.

  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Jika ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, pasti yang memberi saran kurang update pengalaman SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai blogs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika kalian menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.

kawan malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, sobat lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain seperti pada contoh.

  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Contoh lain jika anda menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan langsung pergi akibat artikel yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, anda bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

  Tips  Membuat Artikel Yang SEO Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat membuka blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang bekerja crawling di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar berasal dari Google, pastikan mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kamu download itu. Kalau bisa, kamu juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan gambar supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kalian sebagai artikel yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa image yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini membuat artikel kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan berbagai algoritma baru seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu bisa segera bersaing di SERP.

1 Response to "Tips Membuat Artikel Yang SEO Friendly"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel