Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dari pakar Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah website yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kamu dapat menggenerate backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tidak memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun title artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika judul Anda tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak murahan.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras menulis tulisan panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kawan sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kamu menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas untuk suatu postingan.

sobat malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Contoh, anda sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan bisa mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, banyak yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel tidak artistik.

Agar lebih mudah, kalian bisa menempatkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

  Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke robot yang bekerja crawling pada konten tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan image yang kawan download itu. Jika bisa, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit editan image agar file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini membuat konten kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya buat ini, saya melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada postingan ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel