Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan sebagai poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sehebat apapun trik penulisan artikel SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per kontennya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web kawan sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari sebuah artikel.

sobat malah harus waspada kalau persentase keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan lagi membuat trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, jika kawan menembak keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kamu dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kita.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan sulit bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Untuk mengakalinya, kawan bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image anda tidak sama dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika perlu, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten sobat menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang cocok.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot layaknya yang saya buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel