Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini adalah cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kendali kita selaku pemilik web. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing website kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sekeren apapun tips penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak paten karena menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat title tulisan sebab jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang menarik saat dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, agar poin yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda yakin 10 internal link per konten malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut ranking webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kalian mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk sebuah artikel.

kawan malah harus berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain kalau anda menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus kalau anda bisa mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kawan juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali kata-kata yang penting di tulisan kita.

Namun dalam prakteknya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi akibat konten yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk ide terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama konten itu.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan dapat menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

  Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau bisa, kalian juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kalian menjadikannya konten yang berkualitas.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten tulisan yang SEO friendly guna mencari perhatian bot engine itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel