Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih merajai di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, berikut ini adalah trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami masukkan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat title konten karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi not readable dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Kalau kamu pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari pencarian seringnya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link tiap konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp blognya turun jika membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.

sobat malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, anda sedang membuat trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Contoh lain jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. anda juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI anda dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ruh paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel itu.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian nah saat mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari artikel di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang bekerja indeking pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Kalau harus, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.

Namun untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel sobat hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Trik Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel