Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Adsense

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali trik bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Kenapa user experience ?


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik menulis artikel SEO Milikmu, kalau tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Ini harus dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Umumnya yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar inti yang anda jelaskan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per postnya ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kawan sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat web kalian sebagai web yang keren karena selalu merujuk web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian menjual produk/jasa).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.

kawan malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, anda sedang menulis tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi istilah-istilah yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Contoh lain jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kawan dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kawan bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ide terpenting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian menggunakan image berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh tersebut. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten kamu menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Inonasi Keyword ini membuat konten anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page tulisan kamu cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel