Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya dapat digunakan dan seringkali trik bahkan yang sudah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, misalnya Google.

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam sebuah artikel adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin menarik konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing sobat, walaupun tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun tips menulis tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini kudu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis konten panjang cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Sesuai


Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah postingan.

kalian malah wajib berhati-hati jika seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka sobat bisa memberi kata kata mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

Contoh lagi kalau anda menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan ide terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google tidak bingung.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, anda bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan crawling pada konten itu.

Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan image dari Google, pastikan merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang anda sajikan, tambah besar peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan siap bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas ketika sobat membuat konten dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kamu hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine telah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah tulisan yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel