Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan ada beberapa bahkan yang telah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kamu selaku penulis konten. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka mengunjungi blog milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa menggunakan alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Kecepatan loading
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu bahas bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap post malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang memakai link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap situs sobat sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau kawan mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan anda tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk sebuah postingan.

sobat malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kalian lagi membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Contoh lain kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kalian juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kita.

Tapi pada kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ruh paling penting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar lebih mudah, sobat dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan indeking di konten yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kalian tidak sama dengan gambar yang kalian download tersebut. Jika harus, kalian juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin mantap peluang Google mengindek tulisan sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mampu bertahan di page one. Seperti pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan memakai cara optimasi on-page postingan kawan cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel